jenis flange

Jenis-Jenis Flange Besi dalam Konstruksi Bangunan

Dalam konstruksi, flange besi merupakan elemen penting yang berfungsi sebagai titik sambungan yang kuat untuk berbagai komponen struktural. Flange memungkinkan insinyur dan konstruktor untuk menghubungkan pipa, katup, pompa, dan komponen lain dengan cara yang aman dan efisien. Ada berbagai jenis flange yang digunakan dalam konstruksi bangunan, masing-masing dengan aplikasi dan karakteristik tertentu.

Jenis-jenis Flange:

Flange Pipa

Flange pipa adalah yang paling umum ditemukan dalam sistem perpipaan bangunan. Flange ini digunakan untuk menghubungkan segmen pipa atau untuk menghubungkan pipa ke komponen lain dalam sistem HVAC, sanitasi, atau pemipaan gas.

Jenis-Jenis Flange Pipa:

  • Flange Welding Neck

    Ini memiliki leher panjang yang menyatu dengan pipa untuk mendistribusikan tekanan dan mengurangi konsentrasi tegangan. Sangat cocok untuk aplikasi tekanan tinggi.

  • Flange Slip-On

    Flange ini dilas di luar dan dalam untuk memberikan kekuatan dan mencegah kebocoran. Biasanya digunakan dalam aplikasi bertekanan rendah hingga menengah.

  • Flange Threaded

    Flange ini diulir di dalamnya sehingga bisa dihubungkan dengan pipa yang diulir tanpa pengelasan, cocok untuk situasi di mana pengelasan dianggap tidak praktis.

Flange Penutup

Flange penutup atau blind flange digunakan untuk menutup ujung pipa, katup, atau pembukaan tangki. Flange ini dapat dengan mudah dipasang atau dilepas, membuatnya ideal untuk aplikasi yang memerlukan akses inspeksi atau pembersihan berkala.

Flange Soket Weld

Flange soket weld dirancang untuk pipa yang dimasukkan ke dalam soket flange lalu diikat dengan las fillet. Jenis flange ini biasa digunakan pada tekanan tinggi dan suhu rendah.

Flange Lap Joint

Flange ini terdiri dari dua bagian, stub end yang dilas ke pipa dan ring back-up yang duduk di sekitar stub end. Flange lap joint adalah solusi yang baik untuk sistem perpipaan yang sering dirakit dan dibongkar karena memudahkan pekerjaan perawatan.

Flange Orifice

Flange orifice dirancang untuk digunakan dengan orifice meter, yang digunakan untuk mengukur laju aliran fluida. Flange ini memiliki lubang yang tepat dan sering kali dilengkapi dengan jack screws untuk memudahkan pembongkaran.

Flange Reducing

Flange reducing digunakan untuk menghubungkan dua segmen pipa dengan diameter yang berbeda. Hal ini memungkinkan transisi yang mulus antara pipa-pipa yang berbeda ukuran dalam sistem pipa bangunan.

Flange Plate

Flange jenis ini biasanya datar dan diproduksi dari pelat baja. Ini adalah pilihan ekonomis untuk aplikasi bertekanan rendah dan adalah salah satu yang paling mudah dipasang.

Flange Khusus

Selain jenis flange standar, ada juga flange khusus yang dirancang untuk kondisi atau kebutuhan tertentu. Misalnya, flange persegi yang digunakan untuk aplikasi non-sirkular, atau flange swivel yang bisa berputar untuk memudahkan penyelarasan.

Pertimbangan dalam Pemilihan Flange

Pemilihan flange yang tepat untuk sebuah proyek konstruksi memerlukan pemahaman tentang berbagai faktor:

  • Tekanan Sistem

    Beberapa flange lebih baik untuk tekanan tinggi, sementara yang lain lebih sesuai untuk aplikasi bertekanan rendah.

  • Temperatur Operasi

    Material flange harus dapat menahan suhu operasi sistem tanpa kehilangan integritas.

  • Korosif Lingkungan

    Di lingkungan yang korosif, flange harus memiliki resistansi korosi yang tinggi atau dilapisi dengan material yang tahan terhadap korosi.

  • Biaya

    Pertimbangan biaya sering memainkan peran penting dalam pemilihan flange, dengan beberapa jenis seperti flange plate menawarkan solusi yang lebih ekonomis.

Flange besi adalah komponen kunci dalam konstruksi bangunan modern, memastikan integritas struktural dan fungsional dari berbagai sistem mekanis. Dengan pemilihan jenis flange yang tepat berdasarkan tekanan, suhu, dan kondisi lingkungan, konstruktor dapat membangun struktur yang aman, efisien, dan tahan lama. Ketersediaan berbagai jenis flange juga memungkinkan desain yang lebih fleksibel dan memudahkan perawatan serta pemeliharaan sistem bangunan.

Baja Karya Perkasa tidak hanya menyediakan flange besi dalam berbagai bentuk dan ukuran standar, tapi juga berkomitmen untuk menciptakan produk yang disesuaikan sesuai dengan kebutuhan proyek khusus Anda. Dengan mengutamakan kekuatan, adaptabilitas, dan keandalan, kami menjamin bahwa setiap flange yang Anda beli dari kami akan meningkatkan integritas dan keberlanjutan struktur Anda. Hubungi kami untuk menemukan flange besi yang sempurna untuk proyek konstruksi Anda dan biarkan PT. Baja Karya Perkasa menjadi bagian dari kesuksesan Anda.