Konstruksi Baja Ringan

Konstruksi Baja Ringan: Jenis dan Keunggulannya

Penggunaan baja ringan untuk konstruksi bangunan semakin populer akhir-akhir ini. Salah satu alasannya adalah karena baja jenis ini memiliki berbagai keunggulan. Selain itu, baja ini juga memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Cari tahu lebih banyak tentang jenis dan keunggulan konstruksi baja ringan dalam artikel berikut.

Jenis-Jenis Baja Ringan

Konstruksi bangunan yang berbeda membutuhkan jenis baja ringan yang berbeda pula. Untungnya, baja ringan memiliki berbagai jenis berbeda berdasarkan kebutuhan dan bentuknya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Hollow

Material baja ringan jenis hollow berbahan dasar galvanis dan berbentuk balok dengan ujung persegi. Ciri khas baja ini adalah kosong di bagian dalamnya dan biasa diaplikasikan untuk pembuatan plafon, atap, dan kanopi.

2. Kanal C (Stud)

Memiliki bentuk mirip huruf “C”, Anda akan mendapatkan bentuk persegi jika menggabungkan 2 baja ringan jenis ini. Baja ringan stud banyak digunakan dalam pembuatan langit-langit rumah, kanopi, dan atap.

3. Kaso (Struss)

Jika Anda membutuhkan material sebagai komponen penguat kuda-kuda dan tiang bangunan, Anda bisa menggunakan baja ringan kaso. Terbuat dari material seng, truss memiliki ketebalan antara 0,75 mm sampai 1 mm.

4. Bondek

Baja ringan bondek sangat cocok sebagai rangka pada pelapis, pembungkus, dan tulangan yang dapat menahan beban dari beton.

5. Spandek

Karena bentuknya seperti lembaran gelombang, spandek banyak dimanfaatkan sebagai penutup kanopi dan rangka atap.

Keunggulan Baja Ringan

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa perlu mempertimbangkan penggunaan konstruksi baja ringan dalam proyek bangunan Anda berikutnya. Berikut beberapa alasan mengapa baja ringan sangat cocok untuk berbagai proyek konstruksi.

1. Lebih Ringan

Sesuai namanya, konstruksi baja jenis ini benar-benar ringan. Bahkan baja ini lebih ringan daripada konstruksi baja kayu berkat stabilitas pemasangannya. Karena meringankan beban konstruksi, pembuatan desain untuk struktur penopang, atap, ataupun pondasi dengan menggunakan baja ringan pun akan lebih mudah.

2. Tahan Karat

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari baja ringan adalah material ini anti karat. Itulah sebabnya, penggunaan baja ini dalam konstruksi bangunan akan lebih tahan terhadap terpaan cuaca ekstrim. Berbeda dengan konstruksi kayu atau bambu, baja ringan juga lebih tahan rayap.

3. Lebih Kuat dan Lentur

Karena material yang digunakan, baja ringan sangat kuat untuk konstruksi bangunan. Tegangan tarik baja ringan ini mencapai minimal 500 Mpa. Sedangakan tegangan maksimalnya mencapai 550 Mpa. Meskipun relatif kuat, baja ringan juga terbilang lebih lentur jika dibandingkan dengan baja jenis lain.

4. Lebih Mudah dalam Pemasangan

Berkat sifatnya yang lentur dan ringan, baja jenis ini lebih mudah dipasang saat proses konstruksi. Sehingga, waktu pengerjaan pun bisa lebih cepat dan efisien.

5. Lebih Ekonomis dan Ramah Lingkungan

Karena proses pemasangan yang cepat dan minim perawatan, tentunya penggunaan konstruksi baja ringan juga lebih ekonomis. Selain itu, penggunaan baja ringan juga lebih ramah lingkungan terutama jika dibandingkan dengan penggunaan kayu.

Bagi Anda yang membutuhkan produk baja ringan berkualitas tinggi, maka Anda dapat memperolehnya melalui PT. Baja Karya Perkasa. Kami sebagai perusahaan yang mengutamakan seluruh kebutuhan pelanggan dalam bidang perpipaan dan konstruksi baja menyediakan produk baja berbagai jenis dan merk serta harga yang bersaing. Dengan pusat kami yang berlokasi di Jakarta, kami memastikan bahwa setiap pesanan Anda akan segera diproses dan dikirimkan dari ibu kota, menuju lokasi Anda.

Baca juga artikel lainnya: https://bajakaryaperkasa.co.id/jual-pipa-stainless-harga-terbaru/