Macam-Macam Tipe Struktur dari Bangunan Baja

Struktur baja sering ditemui dalam berbagai jenis bangunan, terutama jenis bangunan besar yang membutuhkan kekuatan tingkat tinggi. Sebenarnya, ada berbagai tipe struktur bangunan baja yang umum digunakan.

Apa saja tipe struktur tersebut? Mari temukan penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini dan pastikan Anda memilih tipe yang paling tepat!

Tipe Struktur dari Bangunan Baja

Karena baja memiliki berbagai keunggulan, maka material ini terbilang cukup populer dalam dunia konstruksi. Ada tiga tipe struktur baja yang umum digunakan, yaitu sebagai berikut:

●      Portal Truss

Pertama, ada tipe struktur portal struss yang terdiri dari rangka horizontal berbentuk batang. Struktur ini terletak di dalam satu bidang yang sama dan umumnya digunakan untuk bangunan yang memiliki rentang 40 meter sampai 70 meter.

Rangka batang yang ada dalam struktur ini disusun dalam bentuk segitiga. Dampaknya, akan muncul efek kekangan atau penahanan yang kuat. Selain itu, terdapat pula efek kekakuan yang membuat bangunan semakin kokoh.

●      Portal Frame

Kedua, ada portal frame yang merupakan jenis paling umum digunakan. Struktur ini memiliki bentuk yang seperti bangun segitiga dan terletak dalam satu bidang.

Biasanya, struktur ini dipakai untuk bangunan yang memiliki rentang di antara 20 meter sampai 40 meter.

Selanjutnya, struktur ini juga memiliki elemen horizontal dan vertikal yang dapat menahan berbagai jenis gaya, misalnya gaya geser, momen, dan aksial.

Untuk mendukung struktur ini, dibutuhkan berbagai komponen struktur. Misalnya, bagian atap atau rafter, plat dasar atau base plate, penguat atau stiffener, kolom, dan bagian yang menonjol atau sering disebut dengan haunch.

●      Space Truss

Terakhir, akan dibahas tentang tipe bangunan baja space truss. Ini adalah penggabungan dari rangka-rangka dalam bentuk segitiga, sehingga akan terbentuk volume dengan tiga buah dimensi.

Struktur jenis ini umumnya digunakan oleh bangunan dengan bentangan yang besar, atau di atas 70 meter.

Di setiap elemennya, terdapat enam buah rangka batang dengan stabilitas dan tingkat kekakuan yang tinggi. Dengan begitu, akan terbentuk bangunan yang kokoh, kuat, dan tahan lama.

Itulah tiga tipe struktur baja yang umum digunakan untuk proyek pembangunan. Tentunya, pemilihan tipe tersebut perlu disesuaikan dengan jenis dan fungsi bangunan.

Selain itu, memilih produk baja yang tepat dan berkualitas juga perlu dilakukan, supaya hasilnya maksimal. Untuk mendukung berbagai bangunan baja, produk dari Baja Karya Perkasa dapat menjadi pilihan tepat!